klaim asuransi mobil. Foto: Ist

Autonesian.com – Di tengah kesibukan masyarakat dan keterbatasan di tengah pandemi, membuat klaim asuransi kendaraan menjadi sulit. Hal ini juga disebabkan adanya pembatasan masyarakat untuk selalu menjaga jarak fisik (physical distancing).

Namun, hal tersebut juga membuat salah satu perusahaan asuransi ternama yaitu Adira Insurance melalui produk Autocillinnya terus berinovasi dalam layanan digitalisasi untuk memudahkan pelanggan setianya.

“Digitalisasi adalah cara terbaik untuk terus berkembang saat ini. Kami bekerja sama dengan Traveloka Protect untuk memberikan perlindungan yang mudah bagi mobil Anda. Tidak hanya itu, pelaporan klaim asuransi mobil juga bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim, ”ujar Rismauli Silaban (Uli), Chief Technical Officer PT. Adira Dinamika Insurance Tbk (Adira Insurance).

Menariknya, dalam inovasi digitalisasi, memudahkan pelanggan Adira Insurace untuk mengajukan klaim dari rumah. Dimana pelanggan hanya perlu mengisi data lengkap di Autocillin Mobile Claim (AMC).

Channel Youtube Indonesia

Untuk data-data yang dibutuhkan cukup mengisi form, upload foto kerusakan mobil yang ingin diklaim, pilih tanggal dan jam kendaraan masuk bengkel, setelah itu Adira Insurance akan menghubungi customer.

“Kami tegaskan bahwa semua pelayanan kepada pelanggan tetap berjalan normal dan menawarkan kemudahan dalam pengajuan klaim asuransi mobil,” Uli panggilan akrab Rismauli Silaban di sela-sela acara Virtual Chat (NGOVID) dengan Forum Jurnalis Otomotif (FORWOT) , Rabu (14/10/2020).

Selain diberikan kemudahan, pihaknya juga menegaskan agar semua layanan klaim bisa terkoneksi langsung dengan layanan Autocillin Garage. Layanan ini merupakan toko rekanan yang sudah terstandardisasi agar pelanggan merasakan pengalaman yang sama saat mengunjungi Adira Insurance.

Dari sisi kenyamanan dan keamanan di tengah pandemi Covid-19, nasabah tak perlu khawatir dengan kebersihan bengkel rekanan Adira Insurance. Dimana berbagai langkah antisipatif juga telah dilakukan untuk menurunkan tingkat penyebaran virus ini dengan standar protokol kesehatan.

Salah satunya misalnya petugas bengkel dan mekanik juga melakukan pengecekan suhu dan penggunaan masker bagi seluruh petugas bengkel, pemberian cairan pencuci tangan dan hand sanitizer, hingga penyemprotan cairan desinfektan ke seluruh area kerja bengkel rekanan.

Selain itu, ia juga memberikan tips agar klaim asuransi mobil dapat diterima oleh perusahaan asuransi dengan mudah dan cepat, antara lain:

1. Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti keterlambatan pelaporan klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki SIM, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, termasuk klaim yang dilaporkan dalam klausul pengecualian dalam kebijakan
2. Dokumen klaim yang lengkap, seperti formulir klaim yang sudah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari polisi.
3. Kendaraan tertanggung tidak digunakan untuk tindakan ilegal apapun.
4. Jika mengalami kecelakaan, jangan lupa untuk memberikan bukti dengan mendokumentasikan kondisi kendaraan Anda setelah kecelakaan dan memahami penyebab kecelakaan yang ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung.
5. Memperhatikan cakupan area sesuai dengan isi polis.
6. Tidak menyebabkan kerusakan yang tidak disengaja oleh tertanggung asuransi.
7. Pahami polis Anda, baca dan pelajari dengan jelas polis-polis yang diberikan oleh penanggung, terutama klaim-klaim yang dijamin dalam polis atau termasuk dalam klausul pengecualian pada polis

“Adira Insurance selalu berkomitmen untuk menjalankan kewajibannya agar segala fasilitas pengajuan klaim dapat ditingkatkan kualitasnya sehingga memberikan kualitas yang memuaskan,” tutup Uli.